FAQ ULT UB

Akademik (20)

Category: Akademik

[:id]Cuti akademik adalah penundaan registrasi administrasi dalam jangka waktu tertentu, yang diajukan paling lambat satu bulan setelah masa registrasi dan disetujui oleh rektor sehingga tidak diperhitungkan sebagai masa studi serta tidak dikenakan biaya pendidikan.[:en]Leave of absence is administrative registration delay within a certain period of time, which is submitted no later than one month after the registration period and approved by the Rector as it won’t be considered as a study period and is not subjected to tuition fees.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Akademik

[:id]Terminal kuliah adalah Permohonan Cuti Akademik yang diajukan setelah satu bulan berakhirnya masa registrasi dan disetujui oleh Rektor, Terminal tidak diperhitungkan sebagai masa studi namun tetap diwajibkan membayar biaya SPP/UKT.[:en]A terminal is an academic leave submitted one month after the end of the registration period and approved by the Rector. A study terminal is not considered as a study period; however, students are still required to pay for tuition fees.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Akademik

[:id]Silahkan menghubungi bagian Akademik di Fakultas anda. Jangan lupa membawa salinan ijazah/transkrip yang akan akan dilegalisir sejumlah yang diperlukan.[:en]Please contact the Academic section of your Faculty. Please bring some copies of the diploma/transcript as needed.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Akademik

[:id]Anda dapat mengakses informasinya melalui website : http://selma.ub.ac.id[:en]You can access the information through : http://selma.ub.ac.id[:]

Category: Akademik

[:id]Anda dapat menghubungi bagian administrasi program studi untuk mendapatkan solusi.[:en]Please contact the the study program’ administrator.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Akademik

[:id]Sanksi bila tidak melakukan Registrasi Administrasi : 1. Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi administrasi pada semester berjalan dinyatakan tidak terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya  dan tidak diperkenankan melakukan kegiatan akademik dan kemahasiswaan pada semester tersebut. 2. Mahasiswa Universitas Brawijaya yang tidak terdaftar lebih dari 2 (dua) semester  kumulatif dan berturut-turut, dinyatakan putus kuliah (drop out).[:en]Consequences for failing to register for administration: 1. Students who do not register for administration in the current semester are declared unregistered as students of Universitas Brawijaya and are not allowed to carry out academic and student activities in that semester. 2. Brawijaya University students who are not registered for more than 2 (two) cumulative and consecutive semesters, are declared dropouts.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Akademik

[:id]Permohonan cuti akademik dapat diajukan secara online melalui siam.ub.ac.id. Akademik fakultas akan memvalidasi dan Akademik Rektorat akan mengeluarkan surat persetujuan dengan dibebaskan dari pembayaran UKT/SPP dan masa studi tidak dihitung dan surat persetujuan dapat diunduh di siam mahasiswa. Permohonan cuti akademik yang diajukan setelah batas akhir pengajuan cuti akademik atau setelah tanggal ditetapkan akan ditolak, dan disarankan untuk segera mengajukan permohonan terminal kuliah serta tetap diwajibkan membayar SPP/UKT.[:en]Applications for leave of absence can be submitted online via siam.ub.ac.id. The academic section of each faculty will validate and the academic section of the rectorate will issue an approval letter by being exempt from tuition fee payments, and the study period is not counted and the approval letter can be downloaded at the students’ SIAM account. Leave of absence application submitted passed the deadline or after the stipulated date will be rejected, and the student is recommended to immediately apply for terminals and required to pay the tuition fee.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Akademik

[:id]Silahkan melapor pada haloselma.ub.ac.id dan mencantumkan nama, NIM dan upload Bukti bayar yang telah dilakukan.[:en]Please report to haloselma.ub.ac.id and include your name, student number and upload the proof of payment.[:]

Category: Akademik

[:id]Silakan membuka link: https://www.banpt.or.id/bianglala/bianglala.php[:en]Please check: https://www.banpt.or.id/bianglala/bianglala.php[:]

Category: Akademik

[:id]Informasi prodi ada di link selma.ub.ac.id dan Pastikan di baca dengan teliti pesyaratan pada masing-masing Prodi khususnya syarat kesehatan dan latar belakang SMA/SMK/MA Saudara.[:en]The information can be accessed at selma.ub.ac.id. Make sure to read the requirements for each study program carefully, especially on health requirements and High School/Vocational/ Islamic High School (MA) education background.[:]

Category: Akademik

[:id]Pindah jurusan harus dalam jenjang pendidikan yang sama serta memenuhi syarat. Perpindahan mahasiswa bisa dilakukan dalam satu fakultas atau perpindahan program studi antar fakultas. Ketentuan lebih jelas diatur dalam buku Pedoman Akademik UB yang sudah di upload di link: https://ub.ac.id/id/about/official-documents/ pada dokumen Nomor 29.[:en]Changing majors must be done in the same level of education and the students must meet all the requirements. Student transfer can be done within the same faculty or between faculties. Please refer to UB Academic Handbook uploaded at: https://ub.ac.id/id/about/official-documents/ in document Number 29.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Akademik

[:id]Pertama, melakukan registrasi administrasi dengan cara melakukan pembayaran pada bank yang ditunjuk dapat melalui berbagai chanel. Tata pembayaran: https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran. Bagi mahasiswa yang semester sebelumnya tidak daftar ulang, harus mengajukan surat aktif kuliah kembali kepada Rektor yang disetujui oleh Fakultas (WD I). Informasi dan tata cara daftar ulang untuk mahasiswa lama Mahasiswa Vokasi, S-1 dan Pascasarjana dapat melihat pada http://www.ub.ac.id.[:en]First, the students should register administratively by making payments at the designated bank through various channels. Payment method: https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran. Students who did not re-register on the previous semester must apply for reactivation to the Rector, acknowledged by the the Faculty’s Vice Dean of Academic Affairs. Information and procedures for re-registration for current students including Vocational, undergraduate, and postgraduate program students can be found at http://www.ub.ac.id.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Akademik

[:id]Legalisir sertifikat akreditasi Perguruan Tinggi dapat dilakukan di Bagian Akademik di Rektorat UB (lantai 2) dengan syarat cetakan berwarna sertifikat akreditasi tahun lulus mahasiswa (maks 3 lembar). Sertifikat akreditasi dapat diunduh : http://bak.ub.ac.id/layanan-akademik/akreditasi-program-studi/[:en]Legalization of Higher Education accreditation certificates can be done in the Academic Section of Rectorate (2nd floor) by presenting colored printout of the accreditation certificate for the year the student graduated (max 3 sheets). Accreditation certificates can be downloaded from : http://bak.ub.ac.id/layanan-akademik/akreditasi-program-studi/[:]

Tag: alumni
Category: Akademik

[:id]Terminal kuliah adalah penundaan registrasi administrasi dalam jangka waktu tertentu, yang diajukan setelah satu bulan berakhirnya masa registrasi dan disetujui oleh Rektor sehingga tidak diperhitungkan sebagai masa studi namun tetap diwajibkan membayar biaya pendidikan.[:en]A terminal is administrative registration postponement within a certain period of time. The request is submitted one month after the end of the registration period and approved by the Rector so that it is not considered as a study period; however, the students are still required to pay for tuition fees.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Akademik

[:id]Silakan mengisi form surat keterangan kehilangan di Markas Komando Satpam dengan membawa identitas diri. Form tersebut akan diserahkan ke Kantor Polisi terdekat untuk mengurus surat kehilangan dan dilanjutkan dengan membayar Rp 75.000,- ke Bank BNI dan dilanjutkan cetak KTM baru di Rektorat Lt.2.[:en]Please fill out the required form at the Security Command Headquarters and bring along your ID Card. The form will then be submitted to the nearest Police Station to process the letter of loss. The next step is to pay IDR 75,000 to BNI and then print the new Student Identity Card at the Rectorate Building 2nd floor.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Akademik

[:id]Prosedur pengajuan bagi mahasiswa lama ajukan Surat permohonan Surat ke Rektor UB dengan alasan pengunduran diri dan mengetahui orang tua dan di kirimkan melalui upload di siam.ub.ac.id nanti Fakultas akan memvalidasi dan Rektorat lakukan proses Persetujuan Rektor untuk perubahan status menjadi mengundurkan diri.[:en]You should write a letter to the Rector explaining the reasons underlying your decision to resign.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Akademik

[:id]Anda dapat mengakses informasinya melalui [http://siam.ub.ac.id], tiap awal penerimaan mahasiswa baru Fakultas telah melakukan sosialisasi tata cara akses ke siam untuk melihat hasil studi anaknya.[:en]You can access the information through [http://siam.ub.ac.id]. At the beginning of Freshman admission, socialization is held by the facultyto the parents/guardian on procedure to access Student Academic Information System (SIAM) to check on study progress of the students.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Akademik

[:id]Mahasiswa langsung melakukan proses pembayaran di Bank, apabila masih belum ada tagihan dan belum ada pembebasan SPP/UKT bagi yang cuti silahkan anda melapor pada haloselma.ub.ac.id untuk mengurus pembukaan blokir agar anda dapat membayar UKT dan daftar ulang.[:en]Students can directly post payments at the bank. However, if the status remain the same, the students should directly report to haloselma.ub.ac.id to open the blocked system to allow Single Tuition (UKT) payment and the students can re-register.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Akademik

[:id]Mahasiswa langsung melakukan proses pembayaran di Bank jika status sudah tidak terdaftar, apabila masih belum ada tagihan dan belum ada pembebasan SPP/UKT bagi yang cuti silahkan anda melapor pada haloselma.ub.ac.id untuk mengurus pembukaan blokir agar anda dapat membayar UKT dan daftar ulang.[:en]Students directly process payments at the bank after checking their SIAM status. If there is still no bill and there is no UKT exemption for those on leave, please report to haloselma.ub.ac.id so the blocked system can be solved, and you can pay UKT and re-register.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Akademik

[:id]Prosedur pengajuan bagi mahasiswa baru ajukan Surat permohonan Surat ke Rektor UB dengan alasan pengunduran diri dan mengetahui orang tua dan di kirimkan ke email [email protected] dan di cc ke [email protected][:en]You can submit the letter resignation to the Rector explaining the reasons for the resignation acknowledged by students’s parents/guardian. The submission is done by sending the letterto [email protected] via email and also cc it to [email protected][:]

Humas (10)

Category: Humas

[:id]Prasetya Online adalah media internal Universitas Brawijaya (UB) yang menayangkan informasi/kegiatan/prestasi/inovasi /peristiwa secara update kepada civitas akademika UB (http://prasetya.ub.ac.id/)[:en]Prasetya Online is an internal media of Universitas Brawijaya (UB) which displays updated information/activities/achievements/innovations/events to UB’s civitas academica (http://prasetya.ub.ac.id/)[:]

Category: Humas

[:id]Buletin prasetya adalah Prasetya Online yang sudah diseleksi dan dicetak dan diterbitkan dua minggu sekali[:en]Buletin Prasetya is Prasetya Online which has been selected and printed and published every two weeks[:]

Category: Humas

[:id]Humas mempunyai halaman tersendiri pada Mimbar Online yang terbit 2-3 bulan sekali. Mahasiswa atau dosen bisa menuangkan isi gagasan tertulis dalam bentuk opini atau karya sastra seperti puisi melalui Mimbar Online[:en]Public Relations has its own page on Mimbar Online which is published every 2-3 months. Students or lecturers can express the contents of written ideas in the form of opinions or literary works such as poetry through Mimbar Online[:]

Category: Humas

[:id]Artikel bisa dikirim ke email [email protected] disertai dengan foto. Artikel akan diedit oleh humas untuk ditayangkan di Prasetya Online.[:en]Articles can be sent to [email protected] email along with photos. The article will be edited by PR to be published on Prasetya Online.[:]

Category: Humas

[:id]Tim humas akan menghubungi untuk memberikan link berita terkait yang sudah publish di Prasetya Online.[:en]The PR team will contact to provide links to related news that have been published on Prasetya Online.[:]

Category: Humas

[:id]Sekitar 500-800 kata[:en]About 500-800 words[:]

Category: Humas

[:id]800-1000 pixel[:en]800-1000 pixels[:]

Category: Humas

[:id]Artikel dan foto yang dikirim ke admin akan diedit dan direview terlebih dahulu sebelum di upload.[:en]Articles and photos sent to the admin will be edited and reviewed before being uploaded.[:]

Category: Humas

[:id]Artikel penelitian, publik, pengabdian masyarakat, karya seni, pengumuman dan bentuk media lain yang berkaitan dengan TRI DHARMA Perguruan Tinggi[:en]Research articles, public, community service, works of art, announcements and other forms of media related to Three Pillars of Higher Education[:]

Category: Humas

[:id]Bisa. Siapkan artikel dan foto pendukung dengan format landscape yang dikirimkan melalui email ke [email protected] atau melalui WA :0811-3716-113[:en]Yes, they can. Prepare supporting articles and photos in landscape format sent via email to [email protected] or via WA: 0811-3716-113[:]

Kemahasiswaan (17)

Category: Kemahasiswaan

[:id]PKM 5 Bidang (PKM-R, PKM-K, PKM-PM, PKM-PI, PKM-KC), PKM-GFK, PKM-GT dan PKM-AI[:en]There are 5 Fields OF SCP: (SCP for Exact Research (SCP-ER) or SCP for Humanities Research (SCP-HR), SCP for Entrepreneurship (SCP-E), SCP for Community Service (SCP-CS), SCP for the Application of Science and Technology (SCP-AST), and SCP for Copyrights (SCP-C)), SCP for Constructive Futuristic Ideas (SCP-CFI), SCP for Written Idea (SCP-WI), and SCP for Scientific Articles (SCP-SA).[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]Badan Perwakilan Mahasiswa (DPM) adalah sebuah institusi dalam kampus yang merupakan lembaga tertinggi sebagai pengawas dan pengendali kehidupan dinamika keorgansasian dan aspirasi mahasiswa di kampus. Dengan demikian DPM merupakan pengawas EM dan BEM.[:en]The Student Representative Council (SRC) is an on-campus student highest institution function as supervisor and controller of organizational dynamics and student aspirations on campus. Thus, SRC supervises SE and SEB.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]Kegiatan organisasi mahasiswa tak hanya sebagai sarana untuk mengembangkan atau membentuk soft skill dalam diri mahasiswa, tapi juga sebagai fasilitas untuk mendapatkan kesempatan memperoleh berbagai macam ilmu dan perspektif yang baru. Mahasiswa akan belajar tentang kepemimpinan, memperluas jaringan diantara mahasiswa/ hingga fakultas, mengasah interaksi sosial serta problem solving. UKM juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk meregenerasi dan menyalurkan potensi non akademik mereka agar dapat diwujudkan melalui prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Hal tersebut juga berpeluang dalam meningkatkan mutu mahasiswa serta apresiasi dari universitas melalui penghargaan/reward.[:en]Student organization activities are not only a means to develop or form soft skills in students but also as a facility to get the opportunity to gain various kinds of knowledge and new perspectives. Students will learn about leadership, expand networks among students/to faculty, sharpen social interaction and problem-solving. SAU is also a place for students to regenerate and channel their non-academic potential so that it can be realized through achievements at national and international levels. This also has the opportunity to improve the quality of students and appreciation from the university through awards/rewards.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]Secara umum Bagian Kemahasiswaan mempunyai tugas memberikan layanan administrasi kemahasiswaan, minat dan bakat, penalaran, serta membantu kesejahteraan mahasiswa (beasiswa) di lingkungan Universitas Brawijaya.[:en]Generally, the Student Affairs Division’s task is to provide service on student administration, interests and talents, reasoning, as well as supporting students’ welfare through scholarship program at Universitas Brawijaya.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]Mahasiswa tidak diwajibkan untuk mengikuti UKM, namun setiap mahasiswa Universitas Brawijaya dianjurkan untuk setidaknya mengikuti minimal satu kegiatan UKM yang telah disediakan.[:en]Students are not required to participate in SAU, but every student of Universitas Brawijaya is encouraged to participate in at least one SAU activity.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]PKM adalah suatu wadah yang menampung kreatifitas mahasiswa UB dalam memfasilitasi prestasi yang dimiliki oleh mahasiswa untuk mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi yang diperoleh dari kuliah untuk diterapkan dalam masyarakat.[:en]SCP is a forum accommodating UB students’ creativity in facilitating the achievements of students to study, develop and apply the science and technology obtained from lectures to be applied in society.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]Organisasi mahasiswa intra kampus yang ada di UB terdiri Eksekutif Mahasiswa (EM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Lembaga Otonom/Lembaga Semi Otonom (LO/LSO).[:en]Intra-campus student organizations in UB consist of Student Executives (SE), Student Executive Board (SEB), Student Representative Council (SRC), Student Activity Units (SAU), Department Student Associations (DSA), and Autonomous Institutions/Semi-Autonomous Institutions (AI/SAI).[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat fakultas. Dalam melaksanakan program-programnya, umumnya BEM memiliki beberapa kementerian/departemen/biro. Dengan semangat mahasiswa sebagai agent of change (agen perubahan), BEM menjadi sebuah lembaga yang bisa mewadahi aspirasi mahasiswa yang memiliki semangat untuk melakukan perubahan, dalam paradigma, emosional, intelektual sekaligus nilai-nilai religius.[:en]Student Executive Board (SEB) is an intra-campus student organization that is an executive institution at the faculty level. In implementing its programs, SEB generally has several ministries/departments/bureaus. With the spirit of students as agents of change, SEB becomes an institution that can accommodate the aspirations of students who have the passion to make changes, in paradigms, emotional, intellectual as well as religious values.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]Mahasiswa yang memilik prestasi akademik memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa, baik dari kalangan yang mampu maupun tidak mampu. Mahasiswa boleh memilih salah satu dari sekian banyak beasiswa yang telah ditawarkan. Jika sudah mengambil beasiswa yang telah diinginkan, mahasiswa tersebut tidak diperkenankan untuk mengambil beasiswa yang berbeda.[:en]Students with academic achievements have the same opportunity to obtain scholarships, both from those with priviledge or underpriviledged. Students may choose one of many scholarships offered. Each student is eligible only for one scholarship.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]EM merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat universitas. Karena organisasi ini berada di tingkat universitas maka para anggotanya berasal dari fakultas yang berbeda-beda, yang biasanya dilakukan perekrutan anggota setelah Presiden EM terpilih. Bagi mahasiswa yang ingin menjadi salah satu anggota organisasi ini, mahasiswa harus menunggu satu tahun karena perekrutan anggota dilakukan jauh sebelum mahasiswa baru. Mahasiswa akan mendapat kesempatan menjadi anggota setelah setahun menjadi mahasiswa.[:en]SE is student organization at the university level. Since this organization is at the university level, its members come from different faculties usually recruited after the SE President is elected. Students who are willing to become member of theorganization have to wait for one year for member recruitment is done long before Freshman enrollment. A student will have the opportunity to become a member as at least a sophomore.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]Ya, Bagian Kemahasiswaan bertanggung jawab dan memiliki wewenang untuk mengatur setiap kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing UKM, seperti koordinasi, memberikan pengarahan, memantau hingga mengelola pelaksanaan kegiatan UKM. Bagian Kemahasiswaan juga memberikan pelayanan meliputi ijin kegiatan, surat dispensasi, surat tugas, anggaran hingga fasilitas pendukung.[:en]Yes, the Student Affairs Division is responsible and has the authority to regulate every activity carried out by each SAU, such as coordinating, providing direction, monitoring, and managing the implementation of SAU activities. The Student Affairs also provides services including activity permits, dispensation letters, letters of assignment, budgets, and supporting facilities.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]Anggota DPM adalah mahasiswa yang telah dipilih dalam Pemilu Raya (PEMIRA) dengan persyaratan yang telah ditentukan pada Peraturan Rektor.[:en]SRC members are students who have been elected in the General Election (GE) with the requirements specified in the Rector’s Regulation.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]Unit Kegiatan Mahasiswa berdiri dibawah naungan Bagian Kemahasiswaan. Lembaga ini merupakan unit pelaksana kegiatan ekstrakurikuler di tingkat Universitas. Unit Kegiatan Mahasiswa terbagi dalam 48 bidang seperti :
1) Penalaran: 8 UKM
2) Minat Olah Raga: 22 UKM
3) UKM Religi: 5 UKM
4) Minat Kesenian: 7 UKM
6) Minat Khusus: 6 UKM[:en]The Student Activity Unit stands under the auspices of the Student Affairs Division. This institution is the implementing unit for extracurricular activities at the university level. Student Activity Units are divided into 48 fields such as:
1) Reasoning: 8 SAUs
2) Sports Interest: 22 SAUs
3) Religious SAUs: 5 SAUs
4) Art Interests: 7 SAUs
6) Special Interests: 6 SAUs[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]Unit Kegiatan Mahasiswa sudah diperkenalkan kepada mahasiswa baru ketika mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB) disetiap tahun ajaran baru. Dalam kegiatan tersebut terdapat rangkaian acara yang bertajuk “Open House UKM”, di dalam event Open House UKM inilah mahasiswa akan mendapat berbagai macam informasi mengenai masing-masing UKM. Mahasiswa dapat mendaftar langsung ke stan-stan UKM yang telah disediakan. Mahasiswa juga bisa mengunjungi gedung UKM yang terletak di dalam kampus untuk ikut berpartisipasi di dalam kegiatan mahasiswa yang telah diminati.[:en]The Student Activity Unit has been introduced to the Freshmen during the Introduction to Campus Life to New Students (ICLNS) every new academic year. In this activity, there “Open House SAU” event is held. In the event, students will get various kinds of information about each SAU. Students can apply directly at SAU booths provided. Interested students can also visit SAU building located on campus to participate in student activities.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]Universitas Brawijaya menyediakan berbagai jenis beasiswa bagi mahasiswa berprestasi maupun mahasiswa kurang mampu. Beasiswa tersebut bersumber dari berbagai stakeholder yang telah bekerjasama dengan UB, baik dari institusi pemerintah maupun non-pemerintah (swasta). Kurang lebih ada 52 pilihan jenis beasiswa yang telah disediakan, mulai dari program beasiswa Bidikmisi/KIP-K, program afirmasi Dikti, Papua dan Papua Barat, 3T, Adem. Pengelolaan, pendaftaran dan seleksi beasiswa UB diselenggarakan secara online maupun offline oleh Bagian Kemahasiswaan UB. Untuk informasi lebih lanjut silakan berkunjung di tautan http://beasiswa.ub.ac.id/[:en]Universitas Brawijaya provides various types of scholarships for outstanding students and underprivileged students. The scholarships are sourced from various stakeholders who have collaborated with UB, both from government and non-government (private) institutions. There are approximately 52 available scholarship, such as Bidikmisi/KIP-K scholarship program, the affirmation program of Dikti, Papua and West Papua, 3T, Adem. The management, registration, and selection of UB scholarships are held online and offline by the UB Student Affairs Division. For more information, please visit the link http://beasiswa.ub.ac.id/[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]Secara struktur, Bagian Kemahasiswaan UB berada dibawah Biro Akademik dan Kemahasiswaan yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dibantu oleh 5 orang staf ahli. Untuk informasi lebih lanjut silakan berkunjung di tautan https://kemahasiswaan.ub.ac.id/profil/blog-staff-kemahasiswaan/[:en]Structurally, UB’s Student Affairs Division is under the Academic and Student Affairs Bureau led by the Vice-Rector for Student Affairs. The Vice-Rector for Student Affairs is assisted by 5 expert staff. For more information, please visit the link https://kemahasiswaan.ub.ac.id/profil/blog-staff-kemahasiswaan/[:]

Tag: mahasiswa
Category: Kemahasiswaan

[:id]Bagi mahasiswa S1 dan Vokasi yang telah mendapatkan prestasi tingkat provinsi, wilayah, nasional maupun internasional dapat mengajukan penghargaan/reward sesuai ketentuan dari Bagian Kemahasiswaan. Pengajuan reward dari prestasi non-akademik terbagi menjadi dua pilihan yaitu : 1.Bagian Minat Bakat : Prestasi Olaharaga dan Seni; 2. Bagian Penalaran : Prestasi Ilmiah, Kreativitas dan Inovasi. Untuk informasi mengenai manual prosedur pengajuan reward silahkan berkunjung di tauntan http://kemahasiswaan.ub.ac.id/reward-mahasiswa/[:en]Undergraduate and Vocational students who have obtained achievements at the provincial, regional, national and international levels, can apply for awards according to the provisions of the Student Affairs Division. Submission of rewards from non-academic achievements is divided into two options, namely: 1. Talent Interest Section: Sports and Art Achievements; 2. Reasoning Section: Scientific Achievement, Creativity, and Innovation. For information regarding the reward application procedure manual, please visit the link http://kemahasiswaan.ub.ac.id/reward-mahasiswa/[:]

Tag: mahasiswa

Kepegawaian (2)

Category: Kepegawaian

[:id]Ketentuan dan form pengajuan cuti bagi pegawai (Dosen dan Tendik) dapat dilihat pada https://kepegawaian.ub.ac.id/layanan/tugas-belajar-ijin-belajar/[:en]Please refer to https://kepegawaian.ub.ac.id/layanan/tugas-belajar-ijin-belajar/[:]

Category: Kepegawaian

[:id]Ketentuan, alur dan form pengajuan studi lanjut (izin belajar dan tugas belajar) bagi pegawai (Dosen dan Tendik) dapat dilihat pada https://kepegawaian.ub.ac.id/layanan/tugas-belajar-ijin-belajar/[:en]Please refer to https://kepegawaian.ub.ac.id/layanan/tugas-belajar-ijin-belajar/ for regulations, flow, and forms for study permit (for both lecturer and academic staff)[:]

Kerjasama (7)

Category: Kerjasama

[:id]Bentuk dokumen kerjasama di UB adalah : Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dan Perjanjian Kerjasama (Memorandum Of Agreement)[:en]Cooperation documents at UB are Memorandum of Understanding and Memorandum Of Agreement[:]

Tag: umum
Category: Kerjasama

[:id]Nota Kesepahaman memilki ruang lingkup Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.[:en]The Memorandum of Understanding covers the three pillars of higher education; namely education, research, and community service.[:]

Tag: umum
Category: Kerjasama

[:id]Perjanjian kerjasama memiliki ruang lingkup kerjasama lebih detail meliputi bentuk kegiatan sampai ke pendanaan[:en]MOA has a more detailed scope of cooperation covering the form of activities to funding.[:]

Tag: umum
Category: Kerjasama

[:id]Nota Kesepahaman ditandatangani oleh Rektor[:en]MOU is signed by Rector of UB[:]

Tag: umum
Category: Kerjasama

[:id]Perjanjian Kerjasama ditanda tangani oleh Dekan Fakultas atau Ketua Lembaga[:en]MOA is signed by the Dean of the Faculty or the Head of the Institution[:]

Category: Kerjasama

[:id]Mitra/Pemohon mengajukan surat permohonan Nota Kesepahaman kepada Rektor atau melalui email : [email protected], untuk prosesnya bisa diunduh pada : http://kerjasama.ub.ac.id/en/sistem-penjaminan-mutu/sop-kerjasama/[:en]Partner/Applicant may submits letter of application for a MPU to the Rector or via email: [email protected]. The application guidelines can be downloaded at: http://kerjasama.ub.ac.id/en/sistem-penjaminan-mutu/sop- cooperation/[:]

Tag: umum
Category: Kerjasama

[:id]Mitra/Pemohon mengajukan surat permohonan Perjanjian Kerjasama kepada Dekan Fakultas atau Ketua Lembaga (merujuk ke FAQ LPPM – Kerjasama antar instansi)[:en]Partner/Applicant may submit a letter of application for MOA to the Dean of the Faculty or the Head of the Institution (refering to the Research and Community Service Institute (RCSI) (LPPM) FAQ – Cooperation between institutions)[:]

Keuangan (6)

Category: Keuangan

[:id]Anda dapat mengajukan permohonan kepada Dekan Fakultas paling lambat 8 hari sebelum jadwal pembayaran UKT berakhir melalui laman; bantuankeuangan.ub.ac.id dan dilengkapi persyaratan sebagaimana tercantum dalam Pertor No. 40 Tahun 2020[:en]You can submit the application addressed to the Dean of the Faculty no later than 8 days prior to the Single Tuition (UKT) is due. You should refer to bantuankeuangan.ub.ac.id and complete the required documents stated in Rector’s Regulation no 40/ 2020.[:]

Category: Keuangan

[:id]Anda dapat mengajukan permohonan KRS kepada Sub.Bagian Akademik Fakultas.[:en]You can fill and send the Study Plan Card (KRS) application to the Academic Sub-Division at the Faculty.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Keuangan

[:id]Biaya kuliah jalur vokasi bisa dilihat https://selma.ub.ac.id/en/uang-kuliah-tunggal-ukt-bagi-mahasiswa-baru-program-pendidikan-vokasi-ub-20192020/[:en]Tuition fees for students enrolled in Vocational program can be seen at https://selma.ub.ac.id/en/uang-kuliah-tunggal-ukt-bagi-mahasiswa-baru-program-pendidikan-vokasi-ub-20192020/[:]

Category: Keuangan

[:id]Anda dapat mengakses informasinya melalui [http://selma.ub.ac.id][:en]You can access the information via http://selma.ub.ac.id[:]

Category: Keuangan

[:id]Biaya kuliah jalur mandiri bisa dilihat https://selma.ub.ac.id/en/biaya-pendidikan-bagi-mahasiswa-baru-program-sarjana-yang-diterima-melalui-jalur-seleksi-mandiri-tahun-akademik-20192020/[:en]Tuition fees for students enrolled by independent selection enrollment program can be seen in https://selma.ub.ac.id/en/biaya-pendidikan-bagi-mahasiswa-baru-program-sarjana-yang-diterima-melalui-jalur-seleksi-mandiri-tahun-akademik-20192020/[:]

Category: Keuangan

[:id]UKT Maba yang diterima melalui SNMPTN dan SBMPTN 2020 dapat melihat : https://selma.ub.ac.id/en/uang-kuliah-tunggal-mahasiswa-baru-jalur-snmptn-dan-sbmptn-2020/[:en]Single Tuition Fee for Freshman enrolled through 2020’s the State University Entrance Selection (SNMPTN) and Joint Entrance Test for State Universities (SBMPTN) selection programs can be seen in: https://selma.ub.ac.id/en/uang-kuliah-tunggal-mahasiswa-baru-jalur-snmptn-dan-sbmptn-2020/[:]

Kunjungan (8)

Category: Kunjungan

[:id]Sekolah mengirimkan surat permohonan kunjungan ke Rektor UB minimal satu bulan sebelum tanggal yang direncanakan, yang berisi:
– Tanggal rencana kunjungan,
– Jumlah Peserta (Siswa dan Guru pendamping), dan
– Contact Person.
Kemudian Surat dikirim ke email [email protected].[:en]The school sends a request for a visit to the Rector of UB at least one month before the planned date, which contains:
– The planned date of the visit,
– The number of participants (students and accompanying teachers), and
– Contact Persons.
Then the letter is sent to [email protected] email.[:]

Category: Kunjungan

[:id]Tidak dikenakan biaya. Sekolah hanya diimbau membeli konsumsi makan siang (nasi kotak atau prasmanan) di UB Guest House.[:en]Free of charge. Schools are only advised to buy lunch (boxed rice or buffet) at UB Guest House.[:]

Category: Kunjungan

[:id]Peserta bisa berkeliling kampus dengan didampingi oleh alumni sekolah yang saat ini menjadi mahasiswa UB.[:en]Participants can tour the campus accompanied by school alumni who are currently UB students.[:]

Category: Kunjungan

[:id]Materi Profil UB (Macam-macam fakultas dan fasilitas di UB) dan Materi Seleksi Masuk UB[:en]Materials about UB Profile (Concerning various faculties and facilities in UB) and UB Admission Selection Materials.[:]

Category: Kunjungan

[:id]UB memiliki 4 kampus. Kampus I (di Jl. Veteran, Malang), Kampus II di Dieng, Malang, Kampus III di Kediri, dan Kampus IV di Jakarta (khusus untuk Pascasarjana)[:en]UB has 4 campuses. Campus I (on Jl. Veteran, Malang), Campus II in Dieng, Malang, Campus III in Kediri, and Campus IV in Jakarta (only for Postgraduates)[:]

Category: Kunjungan

[:id]Jalur Nasional: SNMPTN dan SBMPTN. Jalur Mandiri: Seleksi Mandiri, Vokasi, Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas[:en]National selection paths: SNMPTN and SBMPTN. Independent Path: Independent Selection, Vocational, Independent Selection of Persons with Disabilities[:]

Category: Kunjungan

[:id]Penerimaan kunjungan sekolah menyesuaikan agenda kegiatan UB. Jika kami tidak dapat menerima sesuai tanggal yang diinginkan pihak sekolah, kami akan mencarikan alternatif tanggal, atau pihak sekolah dapat mengajukan kunjungan ke salah satu fakutas di UB dengan mengirimkan surat permohonan kunjungan ke Dekan Fakultas yang dituju.[:en]Acceptance of school visits are adjusted according to the agenda of UB activities. If we can’t accept the date that the school wants, we will find an alternative date, or the school can apply for a visit to one of the faculties in UB by sending a letter requesting a visit to the Dean of the Faculty.[:]

Category: Kunjungan

[:id]Sekolah yang berkunjung ke UB akan diberikan formulir MoU untuk ditandatangani Kepala Sekolah dan Rektor UB. MoU ini sebagai payung hukum kerja sama dalam menyukseskan program pemerintah yaitu kampus merdeka, di mana ke depannya mahasiswa dapat melakukan kegiatan di luar kampus seperti magang atau praktik kerja di sekolahnya terdahulu.[:en]Schools that visit UB will be given an MoU form to be signed by the Principal and UB Rector. This MoU serves as a legal umbrella for cooperation in the success of the government’s program, namely the independent campus, where in the future students can carry out activities outside the campus such as internships or work practices at their previous schools.[:]

Media (15)

Category: Media

[:id]Artikel bisa dikirim ke email: [email protected] dan dilengkapi foto. Foto mempunyai ukuran yang sesuai dan tidak pecah jika diperbesar dan tidak kabur.[:en]Articles can be sent to email: [email protected] and must include photos. The photo must have the right size and does not break when enlarged and sharp enough / does not blur.[:]

Category: Media

[:id]Artikel tentang inovasi dan prestasi paling banyak diminati media.[:en]Articles about innovation and achievement are usually the most sought after by the media.[:]

Category: Media

[:id]Bisa menghubungi Humas UB untuk di bantu permasalahannya. Upaya ini bisa dilakukan melalui pembuatan hak jawab.[:en]You can contact UB Public Relations to get help with the problem. This effort can be done through the right of reply of media.[:]

Category: Media

[:id]Media bisa diundang melaui pesan singkat atau WhatsApp atau mengajukan proposal ke redaksi media yang bersangkutan melalui fax/email/alamat kantor. Fax/email/alamat kantor bisa dilihat di koran dan website masing-masing media. Sedangkan untuk nomer WhatsApp masing masing jurnalis bisa menghubungi humas UB untuk detilnya.[:en]Media can be invited via short message or WhatsApp or submit a proposal to the editor of the media concerned via fax/email/office address. Fax/email/office address can be found in newspapers and websites of each media. As for the WhatsApp number, each journalist can contact UB’s PR for details.[:]

Category: Media

[:id]Biasanya kami mengundang wartawan pendidikan seperti Radar Malang, Surya, RRI, Malang Post, dan Info Kampus. Namun jika dirasa acara yang diadakan akan menarik bagi media, seperti kedatangan RI I, II, Menteri/Pejabat Negara, dan Acara Expo Inovasi maka kami tidak membatasi media yang datang.[:en]Usually we invite educational journalists such as Radar Malang, Surya, RRI, Malang Post, and Info Kampus. However, if it is felt that the event held will be of interest to the media, such as the arrival of RI I, II, Ministers/State Officials, and Innovation Expo Event, we do not limit the media who can attend the event.[:]

Category: Media

[:id]Nanti bisa dikirim untuk halaman citizen journalism. Alamat pengiriman redaksi citizen journalism bisa dilihat di halaman koran atau website. Sedangkan Untuk TV bisa dikirim dengan soft copy video. Ukuran dan standar video bisa dilihat di website media bersangkutan.[:en]It can be sent again later to the citizen journalism page. The address for sending citizen journalism editorials can be found on the newspaper page or website. As for the TV media, it can be sent with a soft copy of the video. The size and standard of the video can be seen on the media’s website.[:]

Category: Media

[:id]Panitia diharapkan tidak menghalangi jurnalis untuk meliput acara. Dan membeda-bedakan antara jurnalis media partner dengan non partner. Karena semua media sama dan mereka sama-sama mencari berita. Pembedaan antar media menyebabkan kesenjangan sosial dan ketidakharmonisan hubungan dengan UB.

Jika ada anggaran berlebih panitia bisa menyediakan konsumsi bagi awak media.

Jika acara dilakukan di luar kota Malang maka harus ada kendaraan dan bantuan transport bagi media.

Jika acara dilakukan di luar kota malang namun media yang diundang terbatas maka panitia akan mengirimkan artikel dan foto selanjutnya akan dikirim admin humas ke grup jurnalis.[:en]The committee is expected not to prevent journalists from covering the event. And not to discriminate between media partners and non-partner journalists. Because all media are the same and they are both looking for news. Discrimination between media will cause social inequality and disharmony in relations with UB.

If there is an excess budget, the committee can provide food for the media crew.

If the event is held outside the city of Malang, there must be vehicles and transport assistance for the media.

If the event is held outside the city of Malang, but the invited media are limited, the committee will send articles and photos, which will then be sent by the PR admin to the journalist group.[:]

Category: Media

[:id]Kontak kontak media nasional bisa menghubungi humas.[:en]Contacts for national media can be obtained by contacting UB’s PR.[:]

Category: Media

[:id]Jika ingin benar-benar tayang maka bisa mengajukan advetorial[:en]If you serious about publishing it, you can submit an advertorial to us[:]

Category: Media

[:id]Humas tidak menyediakan honorarium bagi penulis[:en]Public Relations does not provide honorarium for writers[:]

Category: Media

[:id]Membuat surat pengajuan yang ditujukan ke Rektor, surat tersebut akan di disposisi ke Kasub Kearsipan dan Humas[:en]Write a letter of submission addressed to the Rector, the letter will be directed to the Head of the Archives and Public Relations subdivision.[:]

Category: Media

[:id]Masing-masing media mempunyai nilai nominal untuk advetorial yang berbeda-beda. Untuk besarannya silahkan menghubungi bagian bendahara keuangan humas UB. Dana advetorial disediakan oleh pihak penyelenggara kegiatan dan tidak disediakan oleh humas. Kecuali ada kesepakatan tertentu dengan humas UB.[:en]Each media has a different nominal value for different advetorials. For the amount, please contact the financial treasurer of UB’s public relations. Advertorial funds are provided by the event organizers and not provided by public relations. Unless there is a certain agreement with UB’s PR.[:]

Category: Media

[:id]Bagi UKM Pers atau mahasiswa UB bisa mengajukan proposal. Tim humas akan menjadwalkan dan mendampingi untuk melakukan Wawancara. disertai daftar pertanyaannya. Daftar pertanyaan akan diserahkan pada sekretaris rektor atau sekretaris wakil rektor untuk dipelajari terlebih dahulu.[:en]For UKM Press or UB students, please submit a proposal first, accompanied by a list of questions. The PR team will schedule and assist to conduct the Interview. The list of questions will be submitted to the secretary of the rector or the secretary of the vice rector to be studied first.[:]

Category: Media

[:id]Setelah advertorial terbit, media harap melengkapi administrasi SPJ seperti invoice, bukti tayang, dan faktur (jika ada) kemudian akan dibuatkan kuitansi dari UB yang harus ditandatangani dan distempel pihak media. Setelah administrasi tersebut selesai pencairan bisa dilakukan.[:en]After the advertorial is published, the media must complete the SPJ (accountabilities) administration such as invoice, proof of presentation, and invoice (if any) then a receipt will be made from UB which must be signed and stamped by the media. After the administration is complete, the disbursement can be done.[:]

Category: Media

[:id]Saat ini difokuskan untuk mahasiswa aktif terlebih dulu. Jika sudah alumni, mohon segera backup data untuk menghindari kehilangan data.[:en]We are currently focused on active students first. If you are already alumni, please backup your data immediately to avoid data loss.[:]

Tag: alumni

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (2)

[:id]Silahkan datang ke Badan Usaha Kepakaran (BUKR) UB di gedung rektorat lama UB, atau bisa langsung ke Jurusan/Program Studi yang ada di lingkungan UB sesuai jenis kepakaran yang dibutuhkan.[:en]Please come to UB’s Expertise Business Entity (EBE) in UB’s old rectorate building, or you can go directly to the Department/Study Program in UB according to the type of expertise needed.[:]

[:id]Silahkan datang ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UB di Gedung Bersama lantai 6-7 atau ke Badan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (BPPM) Fakultas yang ada di tiap Fakultas di lingkungan UB sesuai dengan bidang kegiatan yang akan dilaksanakan?[:en]Please come to the UB Research and Community Service Institute (RCSI) in the Joint Building on the 6-7th floor or to the Faculty’s Board of Research and Community Service (BRCS) in each faculty in UB according to the field of activity to be carried out.[:]

Tag: umum

Pengadaan (6)

Category: Pengadaan

[:id]LPSE atau Layanan Pengadaan Secara Elektronik adalah layanan pengelolaan teknologi informasi untuk memfasilitasi pelaksanaan pengadaan barang/Jasa secara elektronik. Dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa secara elektronik LPSE juga melayani registrasi penyedia barang dan jasa yang berdomisili di wilayah kerja yang bersangkutan.[:en]LPSE or Electronic Procurement Service is an information technology management service to facilitate the implementation of electronic procurement of goods/services. In carrying out the procurement of goods/services electronically, LPSE also serves the registration of providers of goods and services domiciled in the work area concerned.[:]

Tag: umum
Category: Pengadaan

[:id]Pengadaan barang/jasa secara elektronik dimaksudkan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, meningkatkan akses pasar dan persaingan usaha yang sehat, memperbaiki tingkat efisiensi proses pengadaan, mendukung proses monitoring dan audit dan memenuhi kebutuhan akses informasi yang real time guna mewujudkan clean and good government dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.[:en]Electronic procurement of goods/services is intended to increase transparency and accountability, improve market access and fair business competition, improve the efficiency level of the procurement process, support monitoring and auditing processes and fulfill the need for access to real time information in order to realize clean and good government in the procurement of goods / government services.[:]

Tag: umum
Category: Pengadaan

[:id]Dasar hukum pembentukan Layanan Pengadaan Secara Elektronik adalah Pasal 73 PP Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, yang ketentuan teknis operasionalnya diatur oleh Peraturan Lembaga LKPP Nomor 14 Tahun 2018 tentang Layanan Pengadaan Secara Elektronik. Layanan Pengadaan Secara Elektronik dalam menyelenggarakan sistem pelayanan pengadaan barang/jasa secara elektronik juga wajib memenuhi persyaratan sebagaimana yang ditentukan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.[:en]The legal basis for the establishment of Electronic Procurement Services is Article 73 of PP Number 16 of 2018 concerning Government Procurement of Goods/Services, whose operational technical provisions are regulated by LKPP Institution Regulation Number 14 of 2018 concerning Electronic Procurement Services. Electronic Procurement Services in implementing the service system for the procurement of goods/services electronically are also required to meet the requirements as stipulated in Law Number 11 of 2008 concerning Information and Electronic Transactions.[:]

Tag: umum
Category: Pengadaan

[:id]Pemohonan dapat mengikuti lelang melalui: pengadaan.ub.ac.id[:en]Applications to participate in the auction can be accessed via: procurement.ub.ac.id[:]

Tag: umum
Category: Pengadaan

[:id]SPSE atau Sistem Pengadaan Secara Elektroknik adalah aplikasi e-Procurement yang dikembangkan oleh Direktorat Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik – LKPP untuk digunakan oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik di seluruh K/L/PD. Aplikasi ini dikembangkan dengan semangat efisiensi nasional sehingga tidak memerlukan biaya lisensi, baik lisensi SPSE itu sendiri maupun perangkat lunak pendukungnya.[:en]SPSE or Electronic Procurement System is an e-Procurement application developed by the Directorate of Electronic Procurement System Development – LKPP to be used by Electronic Procurement Services in all K/L/PD. This application was developed in the spirit of national efficiency so that it does not require a license fee, neither the SPSE license itself nor the supporting software.[:]

Tag: umum
Category: Pengadaan

[:id]Layanan yang tersedia dalam SPSE adalah tender yang ketentuan teknis operasionalnya diatur dengan Peraturan Lembaga LKPP Nomor 9 Tahun 2018 tentang Tata Cara E-Tendering. Selain itu LKPP juga menyediakan fasilitas Katalog Elektronik (e-Catalogue) yang merupakan sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga barang tertentu dari berbagai penyedia barang/jasa pemerintah, proses audit secara online (e-Audit), dan tata cara pembelian barang/jasa melalui katalog elektronik (e-Purchasing).[:en]The services available in the SPSE are tenders whose operational technical provisions are regulated by LKPP Institution Regulation Number 9 of 2018 concerning E-Tendering Procedures. In addition, LKPP also provides an Electronic Catalog (e-Catalogue) facility which is an electronic information system that contains lists, types, technical specifications and prices of certain goods from various providers of government goods/services, an online audit process (e-Audit), and procedures. how to purchase goods/services through an electronic catalog (e-Purchasing).[:]

Tag: umum

UB-Care dan SKM (14)

Category: UB-Care dan SKM

[:id]ub-care.ub.ac.id adalah sistem informasi pengelolaan keluhan yang dimiliki oleh Universitas Brawijaya sejak tahun 2012 yang ditujukan kepada semua stake holder[:en]UB-Care (ub-care.ub.ac.id) is a system owned by UB to serve and manage feedback (appreciation, criticism, suggestions, and input) for all UB stakeholders.[:]

Category: UB-Care dan SKM

[:id]Universitas Brawijaya melayani dan peduli terhadap masukan, kritik, dan saran yang disampaikan dengan cara yang baik dan melalui sistem yang ada di UB.[:en]Universitas Brawijaya serves and cares about input, criticism, and suggestions that are conveyed in a good way and through the existing system in UB.[:]

Category: UB-Care dan SKM

[:id]Universitas Brawijaya sejak tahun 2012 telah menjalankan sistem layanan pengaduan, kritik, saran melalui website yang bernama ub-care.ub.ac.id. Semua civitas akademika (dosen, karyawan, mahasiswa) maupun pihak luar bisa menggunakan website tersebut.[:en]Universitas Brawijaya since 2012 has been running a system of complaints, criticisms, suggestions through a website called e-complaint.ub.ac.id, and starting in 2020, it has changed into UB-Care, a feedback service system. All civitas academica (lecturers, employees, students), as well as outside parties, can use the website.[:]

Category: UB-Care dan SKM

[:id]bagi stake holder yang ingin menyampaikan keluhan , kritik, saran, bisa masuk melalui https://ub-care.ub.ac.id/ kemudian menggunakan alamat email bagi civitas akademika, dan no tanda pengenal bagi pihak luar UB, dan seterusnya mengisi biodata dan menuliskan keluhan, kritik, dan saran. Kemudian mendapat kode tiket keluhan dengan tujuan untuk mengecek/men-tracking keluhan sudah ditindaklanjuti atau belum[:en]Stakeholders can submit feedback (appreciation, complaints, criticisms, suggestions) via https://ub-care.ub.ac.id/ then use the email address for the acadmeic comunity, and identification number for non UB parties. Please continue by filling in biodata and write down complaints, criticisms, and suggestions. Afterwards, a complaint ticket code will be issued to be used to check/track on the complaint follow up.[:]

Category: UB-Care dan SKM

[:id]Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) adalah kegiatan pengukuran tingkat kepuasan masyarakat secara komprehensif terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik.[:en]The Community Satisfaction Survey (CSS) is an activity to measure the level of community satisfaction comprehensively with the quality of services provided by public service providers.[:]

Category: UB-Care dan SKM

[:id]seluruh pengguna jasa/layanan (mahasiswa, dosen UB, karyawan UB, pihak luar) dan penilaian diberikan kepada seluruh jurusan, fakultas, unit kerja di lingkungan UB.[:en]All service users (students, UB lecturers, UB employees, external parties) and assessments are given to all departments, faculties, work units within UB.[:]

Category: UB-Care dan SKM

[:id]seluruh pelayanan yang ada di Fakultas, Lembaga, dan Unit Kerja di lingkungan UB.[:en]All services in Faculties, Institutions, and Work Units in UB.[:]

Category: UB-Care dan SKM

[:id]Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Pasal 36 yang menyatakan bahwa “Penyelenggara layanan publik berkewajiban menyediakan sarana pengaduan dan menugaskan pelaksana yang kompeten dalam pengelolaan pengaduan”. – Sistem UB-Care ini adalah dalam rangka pemenuhan standar mutu yang diterapkan UB (SM-UB (SN-Dikti), SMM ISO 9001:2008, dan Standar Pelayanan Prima). Juga – Sebagai bahan pertimbangan untuk peningkatan kualitas layanan di seluruh Fakultas dan Unit Kerja di lingkungan UB.[:en]a. Law of the Republic of Indonesia Number 25 the Year 2009 on Public Services Article 36 states that “Public service providers are obliged to provide complaints facilities and assign competent implementers in the management of complaints”
b. UB-Care system is meant to fulfill the quality standards applied by UB (SM-UB (SN-Dikti), SMM ISO 9001:2008, and Standard Service Excellence)
c. As consideration for improving the quality of services in all faculties and work units at UB[:]

Category: UB-Care dan SKM

[:id]keluhan yang masuk akan disampaikan ke Fakultas atau unit kerja yang dimaksud karena UB memiliki sekitar 50 operator umpan balik keluhan yang tersebar diseluruh Fakultas dan Unit Kerja yang bertugas khusus untuk melayani, menyampaikan keluhan kepada pimpinan atau pejabat untuk direspon atau dijawab.[:en]The feedback that comes in will be conveyed to the Faculties or Work Units in question because UB has around 50 feedback operators spread throughout the Faculties and Work Units whose special duty is to serve and convey feedback to the leaders or officials to be responded to or to be answered.[:]

Category: UB-Care dan SKM

[:id]UB sangat peduli terhadap kepuasan stake holder atau pelangganya. Hal ini dibuktikan dengan UB melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap layanan UB. Selain itu UB juga menerima dan menindaklanjuti keluhan, kritik, dan saran melalui sistem e-complaint.ub.ac.id yang siap 24/7.[:en]UB really cares about the satisfaction of its stakeholders or customers. This is evidenced by UB conducting a Community Satisfaction Survey (CSS) on UB’s services. In addition, UB also receives and follows up on feedback in the form of appreciation, complaints, criticisms, and suggestions through the UB-Care system.[:]

Category: UB-Care dan SKM

[:id]KEPMENPAN No KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintahan, – PERMENPAN No 7 Tahun 2010 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik (salah satu unsur yg dinailai adalah IKM), – PERMENPAN No 38 Tahun 2012 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik (salah satu unsur yg dinailai adalah IKM), – PERMENPAN No 16 tahun 2014 Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik, – PERMENPAN No 14 tahun 2017 Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.[:en]– KEPMENPAN No. KEP/25/M.PAN/2/2004 on General Guidelines for Compiling the Community Satisfaction Index for Service Units of Government Agencies
– PERMENPAN No. 7 of 2010 on Guidelines for Performance Assessment of Public Service Units (one of the elements assessed is CSS)
– PERMENPAN No 38 of 2012 on Guidelines for Performance Assessment of Public Service Units (one of the elements assessed is CSS)
– PERMENPAN No. 16 of 2014 Guidelines for Community Satisfaction Surveys for Public Service Providers
– PERMENPAN No. 14 of 2017 Guidelines for Community Satisfaction Surveys for Public Service Provider Units[:]

Category: UB-Care dan SKM

[:id]Untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya. – Bagi masyarakat, hasil Survei Kepuasan Masyarakat dapat digunakan sebagai gambaran tentang kinerja pelayanan unit yang bersangkutan.[:en]– To determine the level of performance of service units regularly as a material for determining policies to improve the quality of public services in the future.
– The results of the Community Satisfaction Survey can be used as an illustration of the service performance of the unit concerned[:]

Category: UB-Care dan SKM

[:id]SKM terhadap penyelanggaraan pelayanan publik dilaksanakan secara periodik, melalui tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pengelolaan dan penyajian hasil survei, yang mencakup langkah-langkah sebagai berikut:
– Menyusun instrumen survei,
– Menentukan besaran dan teknik penarikan sampel, Menentukan responden,
– Melaksanakan survei, Mengolah hasil survei,
– Menyajikan dan melaporkan hasil survei[:en]CSS on the implementation of public services is carried out periodically, through the stages of planning, preparation, implementation, management, and presentation of survey results, which includes the following steps:
– Develop survey instruments
– Determine the size and technique of sampling
– Determine respondents
– Carry out surveys
– Processing survey results
– Presenting and reporting survey results[:]

Category: UB-Care dan SKM

[:id]Persyaratan, Sistem, Mekanisme, dan Prosedur, Waktu Penyelesaian Layanan, Biaya/Tarif Layanan (jika ada), Produk Spesifikasi Jenis Layanan, Kompetensi SDM/Pelaksana, Perilaku SDM/Pelaksana, Penanganan Pengaduan, Sarana dan Prasarana, serta Saran dan Masukan.[:en]Requirements, Systems, Mechanisms, and Procedures, Service Completion Time, Service Fees / Tariffs (if any), Product Specifications for Service Types, Competence of HR / Implementers, Behavior of HR / Implementers, Complaint Handling, Facilities and Infrastructure, and Suggestions and Feedback.[:]

Umum (9)

Category: Umum

[:id]Ajukan surat permohonan kepada Kabag UHTL ditandatangani peminjam dan diketahui Wakil Dekan 3 fakultas. Jika disetujui, kendaraan bisa dipergunakan.[:en]You should submit the request to the Head of UHTL, signed by the borrower and acknowledged by Vice Dean III of the faculty. The vehicle can obly be used if the request is approved.[:]

Tag: mahasiswa
Category: Umum

[:id]Tamu mengisi buku tamu dan menyerahkan kartu identitas (KTP/SIM) kepada resepsionis. Resepsionis memberi kartu pengenal sebagai tamu dan mempersilahkan menuju sekretariat pimpinan. Sekretariat pimpinan menanyakan keperluan tamu kemudian menyampaikan kepada pimpinan. Jika pimpinan berkenan, tamu dipersilahkan masuk ke ruang pimpinan kembali dan sebaliknya jika pimpinan tidak berkenan. Setelah selesai, tamu dipersilahkan mengambil tanda pengenal di resepsionis. Alur penerimaan tamu pimpininan bisa diakses melalui: http://buk.ub.ac.id/wp-content/uploads/2014/05/02.-SOP-Penerimaan-Tamu.pdf.[:en]The guest fills out the guest book and submits an identity card (ID card/driver’s license) to the reception. The receptionist then gives an identification card as a guest and leads him to the secretariat. The secretariat asks the purpose of the visit and then reports to the top management. Ifthe top management decides to welcome the guest, the secretariat will lead the way; otherwise, he will not be able to meet the top management. After completing the meeting, the guest is directed to take the ID card at the reception. This procedure can be accessed through: http://buk.ub.ac.id/wp-content/uploads/2014/05/02.-SOP-Penerimaan-Tamu.pdf.[:]

Tags: orang tua, umum
Category: Umum

[:id]Buat surat permohonan permintaan ATK ke Kabag Barang Milik Negara. Staf bagian gudang melakukan pengecekan ketersediaan ATK Jika ATK tersedia akan diserahkan ke pemohon dan jika ATK tidak tersedia akan diadakan sesuai permohonan. Alur bisa di download: http://buk.ub.ac.id/wp-content/uploads/2015/07/20.-SOP-ATK.pdf[:en]You should write the request to the Head of Property. The warehouse staff will check the availability of the items requested. If it is available, it will be submitted to the applicant; otherwise, it will be held according to the request. The flow can be downloaded from http://buk.ub.ac.id/wp-content/uploads/2015/07/20.-SOP-ATK.pdf[:]

Category: Umum

[:id]Ajukan surat permohonan ke Kabag Umum dan HTL UB melalui Sekretaris Bagian UHTL di gedung Rektorat Lt.4. Petugas akan mengecek apakah gedung/fasilitas masih kosong atau sudah ada yang memimjam. Jika belum terpakai maka akan dibalas bisa dipakai, dan sebaliknya. Alur peminjaman gedung/fasilitas bisa di akses melalui: http://buk.ub.ac.id/wp-content/uploads/2014/05/13.-SOP-Peminjaman-Gedung.pdf.[:en]You should send the request letter to the Head of General Affairs and HTL UB through the Secretary of the UHTL Section in the Rectorate Building 4th Floor. The officer will check whether the building/facility is still empty or someone has borrowed it. If it not in scheduled to be used, the request can be granted. The flow of building/facility loan can be accessed through: http://buk.ub.ac.id/wp-content/uploads/2014/05/13.-SOP-Peminjaman-Gedung.pdf.[:]

Category: Umum

[:id]Pemohon mengajukan surat permohonan kepada Kabag UHTL minimal 1 hari sebelumnya. Jika kendaraan tidak terpakai, maka koordinator kendaraan akan mempersiapkan kebutuhan kendaraan dan pengemudi sesuai disposisi atasan, dan sebaliknya jika kendaraan terpakai semua maka permohonan tidak bisa dilayani atau diminta mencari alternatif lain. Alur peminjaman kendaraan dinas bisa diakses melalui: http://buk.ub.ac.id/wp-content/uploads/2015/07/14.-SOP-Peminjaman-Kendaraan.pdf[:en]The applicant can submit the request to the Head of UHTL at least 1 day in advance. If the vehicle is not used, the vehicle coordinator will prepare the vehicle and driver needs according to the disposition of the superior. When the vehicle is all used, the application cannot be served. The flow of official vehicle borrowing can be accessed through: http://buk.ub.ac.id/wp-content/uploads/2015/07/14.-SOP-Peminjaman-Kendaraan.pdf[:]

Category: Umum

[:id]Spanduk/baliho/umbul-umbul yang akan dipasang harus mendapat persetujuan dan stempel dari Bagian Umum. Caranya mengajukan surat kepada Kepala Bagian Umum jika disetujui, maka spanduk akan di stempel diijinkan dipasang selama jangka waktu tertentu.[:en]Banners / billboards to be installed must obtain approval and a stamp from the General Section. Once the Head of the General Section approved, the banner will be stamped and allowed to be installed for a certain period of time.[:]

Category: Umum

[:id]Sudah ditetapkan melalui Peraturan Rektor No 67 Tahun 2018. Apabila masih dalam jam kerja tidak ada biaya apabila di luar jam kerja biaya disesuaikan lewat Pertor Diatas. Bus (baru) 40 kursi : Rp 1.200.000/hari, Bus 50 kursi : Rp. 1.000.000/hari, Bus 30 kursi : Rp. 800.000/hari, Bus 29 kursi non AC : Rp. 500.000/hari. Untuk BBM dan driver biaya dari pemohon.[:en]It has been stipulated through Rector’s Regulation No. 67 of 2018. Within working hours, it is free of charge. When it is used outside working hours, the fee is adjusted through the Regulation. 40 seater bus (new) 40: Rp. 1,200,000/day, 50 seater bus : Rp. 1,000,000/day, 30 seater bus : Rp. 800,000/day, 29 seater bus non AC : Rp. 500,000/day. Driver expense and fuel allowance should be fulfilled by the user.[:]

Category: Umum

[:id]Silahkan datang ke Ruang PINTER, di lobi rektorat lantai 1. Untuk persyaratan dapat diakses melalui [https://pidk.ub.ac.id/layanan/penayangan-kegiatan-di-website-ub/][:en]Please come to the PINTER Room located in the Rectorate lobby on the 1st floor. Requirements can be accessed via [https://pidk.ub.ac.id/layanan/penayangan-kegiatan-di-website-ub/][:]

Category: Umum

[:id]Silahkan datang ke Ruang PINTER, di lobi rektorat lantai 1. Untuk persyaratan dapat diakses melalui [http://pidk.ub.ac.id/layanan/penayangan-publikasi-di-videotron/] dan panduan teknis video di [http://pidk.ub.ac.id/panduan-penyusunan-informasi/][:en]Please come to the PINTER Room located in the rectorate lobby on the 1st floor. As for the requirements, you can access it through [http://pidk.ub.ac.id/service/penanangan-publikasi-di-videotron/] and technical guide at [http://pidk.ub.ac.id/panduan-penyusunan-informasi/][:]